Indramayu, Dengan Hidden Gemnya

BHISA.ID – Indramayu si kota mangga, yang terlihat jarang glow up, tapi nyatanya kota ini menyimpan hidden gem yang jarang diketahui orang-orang.

Kota Indramayu ini dijuluki kota mangga, karena daerah ini menjadi penghasil mangga yang enak. Jenis mangga nya pun sangat terkenal, diantaranya mangga harumanis, cengkir, gedong gincu, gajah, dan lain sebagainya.

Selain mangga, Indramayu punya beberapa destinasi yang menarik untuk disingahi, diantaranya:

  1. Wisata Indramayu pantai Tirtamaya
    Pantai Tirtamaya ini, terletak di Juntikedokan. Dari kota Indramayu Anda, dapet menempuh waktu 30 menit. Para pengunjung dapat menikmati keindahan pantai sambil berwisata sejarah ke makam Ki Butut Tuban dan museum perahu kuno Ki Buyut Tuban. Tiket masuknya pun sangat murah, yaitu Rp. 10.000. Para pengunjung dapat berenang di bibir pantai dengan menyewa perahu karet atau ban.
  2. Pulau Biawak Indramayu
    Walaupun Indramayu terkenal dengan pantai, ternyata di Indramayu ada ekowisata yang jarang diketahui orang-orang. Kalau di NTT ada pulau Komodo, di Indramayu ada Pulau Biawak. Untuk menuju tempat ini, sobat dapat mengikuti paket wisata atau open trip. Namun perlu diketahui cukup sulit untuk menjangkau tempat ini. Untuk menyebrang pulau ini, dibutuhkan waktu 4 jam. Di pulau ini Anda dapat naik ke atas Mercusuar yang dibangun pada tahun 1872, untuk melihat pulau Biawak dari ketinggian. Anda juga dapat melakukan snorkeling dan melihat keindahan terumbu karang. Di pulau ini tidak ada listrik, jadi tidak ada internet. Listrik hanya menyala dari maghrib sampai dini hari saja.
  3. Situs Buyut Banjar
    Banyak sobat yang tidak tahu kalau, di Indramayu juga terdapat situs bersejarah. Tempat ini dikenal sebagai situs Buyut Banjar, terletak di Desa Bulak Kidul. Di dalam wisata ini terdapat makam pangeran Surya Negara atau Ki Buyut Banjar dan monyet 41 ekor.

    Masyarakat percaya, jika monyet-monyet itu merupakan prajurit dari kerajaan karang kendal yang dikutuk oleh Patih Pangeran Surya Negara. Failitas disini pun cukup lengkap, ada parkiran yang cukup luas, penginapan, mushola, dan toilet.
  4. Alun-Alun Indramayu
    Hampir semua kota punya alun-alun. Indramayu memiliki alun-alun yang terletak di jalan Mayjen Sutoyo. Disini Anda dapat berkunjung ke Masjid Agung Indramayu yang letaknya tak jauh dari alun-alun. Anda juga dapat berwisata kuliner, apalagi menjelang maghrib, ada banyak penjual yang menjual makanan khas indramayu, seperti mie ragit, nagasari, pindang gombyang, dan lain sebagainya.
  5. Hutan Mangrove Karangsong
    Terletak di utara kota Indramayu, kabupaten Indramayu. Ekowisata pantai karangsong memiliki luas 25 hektar. Untuk menyewa perahu Anda dapat menyewa sebesar Rp.15.000
    Harga tiket masuk Pantai Karangsong sebesar Rp. 5000. Pantai ini buka dari jam 10 pagi hingga jam 6 sore.
  6. Wisata Pohon Randu Gede
    Pohon Randu bisa jadi rekomendasi wisata bareng keluarga. Pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang tumbuhan hijau yang menawan. Konon katanya pohon randu ini memiliki cerita mistis yang cukup terkenal. Pohon ini mencapai 100m dengan diameter 20m. Pohon ini hidup mencapai ribuan tahun.

Untuk kalian yang berada di luar kota Indramayu, Anda tetap dapat dengan mudah mengunjungi tempat-tempat yang ada di Indramayu. Anda dapat naik Bhisa Shuttle yang menyediakan rute Kertajati – Indramayu, Bandung – Indramayu, dan Jatinangor – Indramayu. Rute ke Indramayu pun kini semakin cepat, seperti Bandung – Indramayu saja dapat ditempuh kurang lebih 3- 4 jam via toll Cisumdawu.

Yuk naik shuttle! Jangan lupa bookingnya via web Bhisa.id. Dapatkan hadiah emas, handphone, dan merchandise lainnya. Makin sering booking via web, makin besar kesempatan menang hadiahnya.